Jumat, 09 Mei 2014

MOMEN BERSEJARAH TANGGAL 4 - 10 MEI

Kali ini gue balik lagi nih gan, gue mau ngeshare Moment tanggal 4 Mei - 10 Mei yang terjadi di Dunia, gara-gara liat Spotlite gue jadi tertarik buat artikelnya nih.


Perdana Menteri Inggris Pertama - 4 Mei 1979

Margaret Hilda Thatcher, Baroness Thatcher
Roberts (lahir di Gratham, Lincolnshire, Inggris 13 Oktober 1925 meninggal di London, Inggris, 8 April 2013 pada umur 87 tahun), adalah seorang politikus Britania Raya, Perdana Menteri Britania Raya dengan masa jabatan terlama sepanjang abad ke-20 (1979–1990), dan satu-satunya wanita yang pernah menduduki jabatan tersebut. Seorang jurnalis Soviet menjulukinya "Wanita Besi" (Iron Lady), istilah yang kemudian dikait-kaitkan dengan politik dan gaya kepemimpinannya. Selaku Perdana Menteri, ia menerapkan kebijakan-kebijakan Konservatif yang kelak disebut sebagai Thatcherisme.



Kejuaraan Dunia Judo Pertama di Gelar di Tokyo, Jepang - 5 Mei 2014

Judo (柔道) adalah seni bela diri, olahraga, dan filosofi yang berakar dari Jepang. Judo dikembangkan dari seni bela diri kuno Jepang yang disebut Jujutsu. Jujutsu yang merupakan seni bertahan dan menyerang menggunakan tangan kosong maupun senjata pendek, dikembangkan menjadi Judo oleh Kano Jigoro (嘉納治五郎) pada 1882.
Olahraga ini menjadi model dari seni bela diri Jepang, gendai budo, dikembangkan dari sekolah (koryu) tua. Pemain judo disebut judoka atau pejudo. Judo sekarang merupakan sebuah cabang bela diri yang populer, bahkan telah menjadi cabang olahraga resmi Olimpiade.


Lahirnya Feyenoord Rotterdam - 6 Mei 1970

Momen bersejarah bagi klub Belanda, khususnya Feyenoord Rotterdam, lahir pada 6 Mei 1970. Ketika itu, Feyenoord berhasil menjadi klub pertama Belanda yang menyabet gelar juara European Cup  atau yang juga dikenal Piala Champions (sekarang Liga Champions).
Berdiri pada 1908, Feyenoord menjadi salah satu klub tersukses Belanda, bersama Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven. Feyenoord meraih tiket ke European Cup berkat gelar juara kesembilan di Eredivisie pada musim sebelumnya.




 Penandatanganan Perjanjian Roem Royen - 7 Mei 1949

Perjanjian Roem-Roijen (juga disebut Perjanjian Roem-Van Roijen) adalah sebuah perjanjian antara Indonesia dengan Belanda yang dimulai pada tanggal 14 April 1949 dan akhirnya ditandatangani pada tanggal 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta. Namanya diambil dari kedua pemimpin delegasi, Mohammad Roem dan Herman van Roijen. Maksud pertemuan ini adalah untuk menyelesaikan beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia sebelum Konferensi Meja Bundar di Den Haag pada tahun yang sama. Perjanjian ini sangat alot sehingga memerlukan kehadiran Bung Hatta dari pengasingan di Bangka, juga Sri Sultan Hamengkubuwono IX dari Yogyakarta untuk mempertegas sikap Sri Sultan HB IX terhadap Pemerintahan Republik Indonesia di Yogyakarta, dimana Sultan Hamengku Buwono IX mengatakan “Jogjakarta is de Republiek Indonesie” (Yogyakarta adalah Republik Indonesia)




Lahirnya Henry Dunant sekaligus hari Palang Merah Sedunia - 8 Mei 1928

Lahir tanggal 8 mei 1828 di jenewa, ayahnya bernama Jean Jacques Dunant seorang anggota dewan republik, dan ibunya bernama Anne Antointte, keturunan bangsa bangsawan perancis. selain sebagai anggota dewan republik, ayahnya juga menjadi ketua yayasan perawatan anak yatim piatu.
Pada Tahun 1861,Napoleon III menyelenggarakan pameran besar di paris, dan para pameran tersebut terdapat setand palang merah yang antara lain menggelar patung dada henry dunant, dan pada kesempatan itu pula, henry dunant, Mounier, dan dufor mendapat penghargaan berupa mendali Emas, dan sejak itu pula, kehidupan henry dunant kembali pulih. Beliau di angkat oleh beberapa Negara di Eropa sebagai wakil ketua palang merah. Walau dunant tersingkir Geneva, tetapi orang eropa tetap menganggap sebagai pemimpin palang merah. Suatu penghormatan yang lurar biasa untuknya.
Tahun 1901 henry dunant mendapat hadiah nobel untuk perdamaian yang berupa hadiah nobel pertama kalinya diberikan. Dunant meninggal pada usia 82 Tahun, tepatnya hari minggu tanggal 30 Oktober 1901 di desa Appenzeller, heiden dan di makamkan di kota Zurich.


 
Jatuhnya Pesawat Sukhoi - 9 Mei 2012

Sekitar pukul 14.33 WIB Pesawat Sukhoi superjet100 kehilangan kontak pada ketinggian 6000 kaki dengan Menara Bandara Halim Perdanakusumo Jakarta dalam rangka melaksanakan test/demo terbang dengan membawa 45 orang penumpang  termasuk 2 wartawan Trans, pebisnis dan pejabat dikedua negara Indonesia dan Rusia. Pesawat Sukhoi superjet100 diperkirakan jatuh di sekitar gunung Salak Bogor.



 Gerhana Matahari Cincin 10 Mei 2013

GMC 10 Mei 2013 merupakan gerhana 31 dari 70 gerhana Matahari dalam seri Saros 138. Ijtimak akhir Jumadil Akhir 1434 H bertepatan dengan hari Jum’at 10 Mei 2013 jam 07:28 wib. Ijtimak atau konjungsi akhir Jumadil Akhir 1434 H tersebut berlangsung saat berlangsungnya fenomena gerhana Matahari Cincin. Jalur gerhana Matahari Cincin tersebut melewati Australia dan sebagian besar berada di samudera Pasifik. Semidiameter sudut Matahari pada saat gerhana Matahari Cincin mencapai maksimum adalah 0º 15′ 50″.4 sedangkan Bulan hanya 0º 14′ 53″.8 atau 94% lebih kecil dari semidiameter sudut Matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar